Tips penting menjaga kesehatan ginjal anda

Ginjal adalah organ tubuh dengan kemampuan yang sangat hebat, salah satunya adalah untuk menyaring zat-zat yang sudah tidak digunakan seperti sisa-sisa metabolisme. Setiap harinya, ginjal kita akan memproses sebanyak 200 liter darah dan menyaringnya sehingga dihasilkan 2 liter sampah atau kelebihan air.

Nah, jika fungsi dari ginjal ini terganggu, maka terganggu pula kemampuannya dalam menyaring zat-zat sisa tersebut sehingga terjadilah penumpukkan di dalam darah yang kemudian memunculkan berbagai masalah pada tubuh.

Melihat begitu pentingnya fungsi ginjal bagi tubuh, maka sudah sewajibnya agar kita senantiasa menjaga kesehatan ginjal. Pasalnya, ginjal yang rusak bisa menyebabkan munculnya berbagai komplikasi mulai dari kerusakan saraf, kardiovaskuler, hingga rusaknya kelenjar paratiroid. Nah, berikut ini beberapa tips sederhana agar kesehatan ginjal Anda bisa tetap terjaga.

Atur pola makan

Pada dasarnya, pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan organ ginjal. Untuk itu, konsumsilah makanan yang sehat agar fungsi ginjal Anda tetap optimal. Ikan, sereal, asparagus, semangka, lemon, jeruk, dan bawang putih merupakan jenis makanan yang baik bagi ginjal. Khususnya jeruk dan lemon, kandungan sitratnya yang tinggi bisa membantu untuk menghambat terjadinya batu ginjal.

Selain itu, hindari juga makanan olahan, batasi konsumsi gula, dan juga garam. Anda juga sebaiknya mengganti konsumsi daging yang berlemak tinggi dengan daging tanpa lemak atau ikan. Pastikan pula untuk tidak mengonsumsi makanan dengan bahan pengawet dan pewarna.

Olahraga teratur

Tips menjaga kesehatan ginjal selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga adalah aktivitas yang memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk ginjal. Rutin berolahraga bisa membantu untuk mengontrol tekanan darah sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit ginjal.

Aktivitas olahraga membantu untuk melancarkan proses pembentukan urin sehingga tidak mengalami hambatan. Cukup dengan berjalan kaki setiap hari sudah membantu untuk menjaga ginjal Anda. Selain itu, olahraga seperti berlari dan bersepeda juga sangat baik untuk ginjal.

Perbanyak minum air

Agar memiliki ginjal yang berfungsi dengan baik, maka perbanyaklah konsumsi air putih dan hindari minuman bersoda. Minumlah air putih paling tidak 1,5-2 liter per hari atau 8-10 gelas. Sementara untuk mereka yang sudah terlanjur memiliki batu ginjal, disarankan untuk minum 2-3 liter air per hari agar resiko pembentukan batu yang baru bisa diminimalisir.

Konsumsi air yang cukup merupakan cara yang paling mudah agar bisa menjaga kesehatan ginjal. Selain menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, hal ini juga membantu ginjal agar bisa membuang urea, garam, dan berbagai racun dari dalam tubuh. Selain itu, air juga memiliki peranan dalam menjaga konsentrasi dan volume darah.

Jangan menahan kencing

Kapanpun Anda ingin buang air kecil, maka segeralah membuangnya, jangan ditahan karena akan merusak ginjal. Jika Anda terbiasa menahan hasrat buang air kecil ini, maka racun dan sisa-sisa metabolisme tubuh bisa mengendap yang kemudian membentuk batu ginjal.

Hindari rokok dan alkohol

Hindari Rokok dan Alkohol

Tips menjaga kesehatan ginjal yang lainnya adalah menghentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol. Sudah banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa rokok adalah penyebab utama dari masalah ginjal. Hal ini dikarenakan nikotin di dalam rokok akan menghambat aliran darah menuju ginjal. Alhasil, pasokan darah ke ginjal semakin berkurang yang kemudian akan mengganggu fungsi dan kemampuan dari ginjal itu sendiri.

Selain itu, konsumsi alkohol juga bisa membuat tekanan darah menjadi meningkat yang akhirnya berujung pada gangguan ginjal. Konsumsi alkohol itu sendiri akan membuat orang lebih sering buang air kecil sehingga beresiko mengalami dehidrasi secara berlebihan.

Cek fungsi ginjal

Sebaiknya rutinlah memeriksa kondisi kesehatan Anda, termasuk untuk memeriksa fungsi ginjal. Hal ini sangat perlu dilakukan, apalagi jika Anda sudah menderita hipertensi, diabetes, obesitas, atau memiliki riwayat keluarga penderita penyakit ginjal.

Hentikan konsumsi obat

Hentikan konsumsi obat

Obat-obatan kimia merupakan zat asing yang bisa membuat ginjal bekerja lebih berat. Jadi, jika kondisi Anda tidak terlalu membutuhkan obat, maka sebaiknya hindarilah. Sebisa mungkin hindari obat seperti pereda nyeri atau obat bersifat non steroid. Sebaiknya atasi keluhan-keluhan Anda dengan metode yang alami seperti pijat, kompres air hangat, atau akupuntur.

Sejumlah obat seperti pereda nyeri ternyata bisa merusak ginjal apabila dikonsumsi terlalu sering dan dalam waktu lama. Maka dari itu, konsumsi obat sebaiknya hanya digunakan saat benar-benar dibutuhkan saja.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kesehatan ginjal. Semoga bisa menjadi tambahan referensi bagi Anda dalam usaha untuk mewujudkan tubuh yang lebih sehat dan juga kehidupan yang lebih baik

Leave a Comment